Hambatan kelancaran lalulintas jaringan jalan perkotaan memiliki dampak pada kesejahteraanumum masyarakat. Besarnya arus lalu lintas di daerah persimpangan pada jam sibuk (sore)mengakibatkan kemacetan panjang dan meningkatkan kejenuhan pada pengguna lalu lintas.Sehingga diperlukan analisis lalulintas antara persimpangan untuk mengetahui kinerjapersimpangan tersebut.Penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesiauntuk mengevaluasi dan menganalisis kinerja persimpangan. Lokasi penelitian ini adalahpersimpangan Jl. Wolter Monginsidi – Jl. M. Husni Thamrin dan Jl. Wolter Monginsidi – Jl.Raden Saleh, Bandar Lampung karena persimpangan tersebut menunjukan kemacetan danpotensi/resiko penurunan tingkat layanan jalan. Hasil yang didapatkan pada persimpangan Jl.WolterMonginsidi – Jl. M. Husni Thamrin memiliki nilai kapasitas (C) 2363 smp/jam dan perilakulalu lintas derajat kejenuhan (DS) 0,8834, tundaan simpang (D) 15,08 det/smp dan peluang antrian(QP) 31,23-53,10% dan persimpangan Jl. Wolter Monginsidi – Jl. Raden Saleh memiliki C = 2484smp/jam, DS = 0,8151, D = 13,55 det/smp dan QP = 26,76-53,10%. Tinggat pelayanan dipersimpangan Jl. Wolter Monginsidi – Jl. M. Husni Thamrindan Jl. Wolter Monginsidi – Jl. RadenSaleh pada hari – hari sibuk dikategorikan pada tingkat E. Kata kunci : Volume kendaraan, Kecepatan rata rata dan Waktu paling sibuk
Copyrights © 2020