Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Vol 1, No 1 (2020)

PELATIHAN PENDEKATAN GENRE-BASED PADA PEMBELAJARAN SKILL MENULIS BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMPN 10 KOTA BENGKULU

Feny Martina (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)
Zelvia Liska Afriani (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

Kegiatan menulis sering kali masih dianggap problematik dikalangan pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di tingkat sekolah menengah pertama (Suriyanti & Yaacob, 2016). Hal ini dikarenakan kegiatan menulis yang menuntut pengorganisasian ide yang baik sehingga tulisan dapat terbaca telah menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Terlebih, kegiatan menulis seringkali menimbulkan kecemasan ketika dihadapkan dengan batas waktu namun siswa dituntut jeli dalam pemilihan kata, penggunaan grammar yang benar hingga koherensi konten. Oleh karena itu,  terlepas dari kompleksitas yang ada pada kegiatan menulis tersebut, model pembelajaran sangat berperan penting dalam membantu siswa keluar dari kesulitan kesulitan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan yaitu model pembelajaran Genre Based Approach. Model Pembelajaran Genre Based Approach sangat memudahkan siswa dalam menulis, dimana model ini akan memandu siswa dengan empat tahapan menulis seperti building the field of knowledge atau kegiatan membangun konteks, modeling or deconstructing the genre atau menelaah model/ dekonstruksi teks, joint construction atau latihan terbimbing dan independent writing atau unjuk kerja mandiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalinovasi

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker ...