Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Kesulitan belajar matematika merupakan suatu kondisi, seseorang tidak mampu belajar matematika dengan baik terkait dalam menyebutkan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan, kalkulasi, serta penerapan rumus. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menggunakan prinsip matematis pada materi logaritma. Kesulitan tersebut dianalisis berdasarkan indikator kesulitan belajar matematika dalam menggunakan konsep matematis (1) kesalahan konseptual, (2) kesalahan prosedural, dan (3) kesalahan teknik. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumennya tes dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa dyscalculia kelas X IPA SMA Al Wafi Islamic Boarding School. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrument tes dan wawancara. Deskripsi hasil analisis kesulitan belajar matematika dalam menggunakan konsep matematis adalah pada indikator: (1) kesalahan konseptual masih berada pada kriteria tingkat tinggi, sehingga kemampuan konseptual masih perlu ditingkatkan kembali; (2) kesalahan prosedural berada pada kriteria tingkat tinggi, namun kemampuan ini masih dapat ditingkatkan kembali dengan cara pembiasaan menuliskan hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan untuk mempermudah menyelesaikan permasalahan; dan (3) kesalahan teknik berada pada kriteria tingkat tinggi, yang didominasi oleh siswa berkemampuan rendah. Kesulitan ini dapat diminimalkan dengan cara pembimbingan langsung oleh guru dan atau melalui tutor sebaya.
Copyrights © 2021