INTEKNA
Vol 20 No 2 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 2, Nov 2020: 53 - 110

P PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DI SDN MAWAR 7 BANJARMASIN

Fitri Ani Dahrani (Politeknik Negeri Banjarmasin)
Said Muhamad (Pengajar Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran berbasis perpustakaan adalah kolaborasi aktif antara guru dan pustakawan dalam mendidik keterampilan ‘melek informasi’ kepada siswa. Eksistensi pustakawan yang selama ini dipandang sebagai profesi yang terpisah dari kegiatan pembelajaran dan hanya diposisikan sebagai pelengkap, kini dijadikan bagian integral dalam membina keterampilan penelusuran informasi bagi siswa. Hubungan antara guru dan pustakawan harus merupakan kerjasama formal dalam aspek-aspek pengembangan desain pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan interview dengan analisis kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran berbasis perpustakaan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa-siswi SDN Mawar 7 Banjarmasin. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan di SDN Mawar 7 Banjarmasin.

Copyrights © 2020