POSITIF
Vol 6 No 2 (2020): Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi

PEMBANGUNAN APLIKASI GO-PAJAK BERBASIS MOBILE

Wicaksono Dwi Pamungkas (Unknown)
Nina Setiyawati (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Pelayanan publik adalah jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh pemerintahan dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Salah satu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Menurut data SAMSAT kota Magelang, data kepemilikan kendaran bermotor bertambah dan terjadi peningkatan jumlah wajib pajak. Namun, pelayanan pembayaran pajak dinilai kurang maksimal dikarenakan masih terdapat antrian panjang saat pembayaran pajak. Hal ini juga menyebabkan banyaknya masyarakat melakukan pembayaran melewati batas tempo atau juga menitipkan antrian pada jasa perantara (calo). Oleh karena itu, dibangun aplikasi berbasis mobile (GO-PAJAK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak dengan cara antar jemput dokumen kendaraan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang terhubung antara driver (pegawai SAMSAT) dan pelanggan (wajib pajak). Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan standar pelayanan pada kantor SAMSAT dan mengurangi antrian wajib pajak serta berkurangnya penggunaan calo dalam pengurusan administrasi pelayanan publik yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Positif

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Since Volume 4, No. 2, 2018, the journal has been ACCREDITATED with grade "SINTA 4" by the Ministry of Research and Technology/National Research and Innovation Agency of Republic Indonesia (Kemenristek BRIN RI) of The Republic of Indonesia effective until 2023 ...