MODUS-Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 30 No. 2 (2018): MODUS

KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA: KELOMPOK ACUAN ATAU GAYA HIDUP?

Tri Harnoto (Universitas Kristen Satya Wacana)
Yunita Budi Rahayu Silintowe (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Smartphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi ini berdampak pada penggunaan smartphone di negeri ini yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Smartphone juga digunakan oleh mahasiswa untuk sarana komunikasi bersama teman atau kelompok, mengirim tugas kuliah, bermain game, dan mengisi waktu luang. Saat memilih smartphone, setiap konsumen memiliki alasan yang berbeda-beda. Pemilihan smartphone dapat dipengaruhi oleh gaya hidup atau kelompok tertentu. Penelitian ini akan meneliti seberapa besar pengaruh kelompok acuan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 200 responden dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok acuan dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone. Variabel gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan. Kelompok acuan juga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: smartphone, keputusan pembelian, kelompok acuan, gaya hidup

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

modus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MODUS Journal published twice a year in March and September. This journal publish empirical and conceptual research in the areas of accounting, economics, business and management and first published in 1983 by the Faculty of Economics, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This journal open to ...