Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 13, No 1 (2022): APRIL 2022

Pengembangan LKPD Pembelajaran Argument-Driven Inquiry untuk Meningkatkan Ketrampilan Literasi Sains pada Materi Hukum Newton

Novitasari, Novitasari (Unknown)
Admoko, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan sebuah pengembangan LKPD dalam upaya peningkatan ketrampilan literasi sains siswa menggunakan pembelajaran Argument-Driven Inquiry. Pengembangan LKPD yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ADDIE. Tahap awal yaitu analisis kebutuhan LKPD perlu dikembangkan. Tahap perencanaan dilakukan penyusunan desain karakteristik LKPD mampu mengajarkan literasi sains. Tahap pengembangan dilakukan pengembangan dan penyempurnaan produk LKPD yang mampu diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Pada tahap ini dilakukan validasi oleh tiga validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikan fisika dan satu guru fisika. Rerata hasil validasi dari masing-masing validator berturut-turut 93,93%, 92,49%, 92,02%. Sehingga rata-rata hasil validasi mencapai 92,81% dikategorikan sangat valid. Pada tahap implementasi terbatas LKPD diterapkan pada 10 siswa kelas X SMA 1 Driyorejo. Pada tahap akhir evaluasi, diperoleh N-gain sebesar 0,78 yang dikategorikan tinggi dari hasil pretest dan posttest setelah pembelajaran menggunakan LKPD. Kepraktisan LKPD didapatkan dari skor angket respon dan observasi. Dari angket respon didapatkan skor 90,72%, sedangkan dari observasi didapatkan skor 90%. Maka dari hasil rerata didapatkan skor 90,36% yang dikategorikan sangat praktis. Berlandaskan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD menggunakan pembelajaran Argument-Driven Inquiry memperoleh kategori valid, efektif, dan praktis dalam peningkatan ketrampilan literasi sains siswa pada materi hukum newton.Kata kunci: LKPD, argument-driven inquiry, literasi sains.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...