Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian
Vol 4 No 1 (2019)

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD GUNUNG JATI KOTA CIREBON

Rinto Susilo (Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon)
Aan Kunaedi (Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon)
Nida Nur Afiah (Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Cirebon)
Retno Indyati (RSD Gunung Jati Kota Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tingkat kepuasan pasien dari persepsi pasien dan keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkan, bila pasien menunjukan hal-hal yang bagus mengenai pelayanan kesehatan terutama pelayanan kefarmasian maka dapat disimpulkan bahwa pasien memang puas terhadap pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon pada Bulan Maret tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip dengan mengisi kuisioner untuk pengumpulan data yang diberikan kepada 120 responden pasien rawat jalan di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa rata-rata poin kehandalan 69,53%, ketanggapan 68,8%, keyakinan 79,5%, empati 59,93%, dan fasilitas berwujud 66,25%. Secara keseluruhan nilai yang didapat kurang memenuhi Standar Pelayanan Minimal (≥80%) dengan nilai rata-rata seluruh domain sebesar 68,8%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

iojs

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

The Medical Sains journal is a scientific publication media published by the Muhammadiyah Cirebon College of Pharmacy which is published 4 (four) times in 1 (one) year, namely January-March, April-June, July-September and October-December. The journal contains research in the field of pharmacy ...