Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh keragaman produk terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam menggunakan jasa pegadaian syariah? dan Bagaimana pandangan etika bisnis Islam tentang keragaman produk di pegadaian syariah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam menggunakan jasa pegadaian syariah dan untuk mengetahui pandangan etika bisnis Islam tentang keragaman produk di pegadaian syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Sumber data berupa data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, quesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini 2305 nasabah dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 95 nasabah. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan keragaman produk sebagai variabel independen dan pengambilan keputusan sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara simultan variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan Thitung sebesar 13,516 Ttabel 1,986 dan probitabilitas (sig) ternyata 0,000 0,05. Untuk kontribusi variabel keragaman produk dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan nasabah cukup besar yaitu sebesar 66,3% dan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
Copyrights © 2020