Service Management Triangle : Jurnal Manajemen Jasa
Vol 2 No 2 (2020): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa

Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Melalui Kepercayaan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan

Riris Roisah (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Ria Yuli angliawati (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Adit Thia Santika (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh ketatnya persaingan dalam dunia usaha consumer goods yang menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Menciptakan hubungan dan tingkat kepercayaan yang baik terhadap pelanggan menjadi aspek penting untuk perusahaan dalam membentuk loyalitas. Tujuan penelitian ini untuk menginterpretasikan gambaran serta pengaruh Customer Relationship Management (CRM) melalui Kepercayaan Pelanggan dan dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Jico Agung Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan tipe penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang diperoleh berdasarkan tanggapan responden sebanyak 73 orang selaku pelanggan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan gambaran CRM, Kepercayaan Pelanggan dan Loyalitas pelanggan tergolong baik. Kemudian secara parsial, ketiga variabel penelitian memiliki pengaruh yang positif dan bersifat signifikan. Masing-masing variabel yaitu CRM terhadap Kepercayaan Pelanggan, CRM terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Begitupula CRM melalui Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Jico Agung Bandung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran Jasa Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Operasional Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online ...