Journal of Sosial Science and Digital Marketing
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Sosial Science and Digital Marketing

Pengaruh Kepemimpinan Kepala SMB dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMB Se-Provinsi Bali




Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, dan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMB Se-Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.900, thitung 15.816> ttabel 1.672 signifikasi (α) 0.05. Variabel motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien (ry2) = 0.932, thitung 19.633> ttabel 1.672 signifikasi (α) 0.05. Variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.960, thitung 26.380> ttable 1.672 signifikasi (α) = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jssdm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Social Science and Digital Marketing is open access and peer-reviewed journal published twice a year in January and July by STMIK Dharmapala Riau. The Journal of Social and Science is a medium for disseminating research results on various topics in the fields of social science and digital ...