Study & Accounting Research
Vol 11 No 2 (2014): STAR (Study & Accounting Research)

Corporate Social Responsibility : Respon Publik dan dampaknya Pada Corporate Image

Leli Nirmalasari (STIE STEMBI Bandung)
Saeful Ulum (STIE STEMBI Bandung)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2014

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) seringkali diinterpretasikan sebagai pengkaitan antara pengambilan keputusan dengan nilai-nilai etika, pemenuhan kaidah-kaidah hukum serta menghargai martabat manusia, masyarakat dan lingkungan. Banyak perusahaan telah menjalankan Program CSR. Namun tanggan masyarakat terhadap program tersebut belum dapat diketahui. Penelitian ini merupakan studi kasus pada program CSR PT PLN cabang Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan publik terhadap Program CSR serta menganalisis dampaknya terhadap corporate image. Responden penelitian adalah Tokoh masyarakat dimana Program CSR tersebut dilaksanakan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dengan sampel sebanyak 60 orang. Interpretasi data adalah secara deskriptif dan verifikatif. Interpretasi verifikatif dialkukan dengan analisis mu;ltiple regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan masyarakat terhadap program CSR bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi produktif adalah kurang optimal. Secara simultan program CSR berpengaruh signifikan terhadap corporate image. Secara parsial, CSR bidang lingkungan dan kesehatan berpengaruh positif signifikan. Sedangkan CSR bidang pendidikan dan ekonomi produktif berpengaruh tidak signifikan terhadap corporate image.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnalstar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal STAR merupakan wadah untuk mengembangkan dan mempublikasikan berbagai hasil kajian bidang Ilmu Ekonomi, khususnya Ilmu Akuntansi dan Bisnis. Jurnal ini dirancang untuk diterbitkan 3 kali dalam setahun (4 bulanan). Demi menjaga konsistensi penerbitan jurnal ini, redaksi mengundang sidang ...