JURNAL LENTERA BISNIS
Vol 11, No 2 (2022): JURNAL LENTERA BISNIS, Mei 2022

ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI PESAN MAKANAN ON LINE

Dingot Hamonangan Sitanggang (Politeknik LP3I jakarta)
Damdam Damiyana (Politeknik LP3I Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini untuk mendapatkan data empiris, fakta, dan informasi yang valid dan dapat dipercaya (reliable ) mengenai  analisis faktor kualitas pelayanan dan promosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi pesan makanan online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu Pelayanan (X1), Promosi (X2) dan dan satu variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli menggunakan aplikasi makanan on line, dimana terdapat sebanyak 170 Rerponden yang memberikan jawaban dari kuesioner via google form yang kami sebarkan secara on line. Hasil penelitian menunjukkan, Terdapat Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja via  aplikasi makanan on line sebesar 56.7%,  Terdapat Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dalam  berbelanja via aplikasi  makanan on line sebesar 43.6% dan Terdapat Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi bersama-sama dalam memengaruhi pengambilan keputusan pembelian berbelanja via aplikasi makanan on line. Sebesar 60%.Kata Kunci: Pelayanan, Promosi, Aplikasi Pesan, Makanan, Online 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrlab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Lentera Bisnis (ISSN 2252-9993, e-ISSN 2598-618X) ini merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit berdasarkan kaidah jurnal ilmiah ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan dan studi pustaka di bidang ilmu administrasi bisnis meliputi peminatan ilmu bisnis. ...