TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer
Vol. 3 No. 2 (2020): TEKNOKOM

ANALISIS PREDIKSI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Muhamad Dandi (Universitas Wiralodra)
Kinky Fernando (Universitas Wiralodra)
Taufik Hidayat (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Universitas Wiralodra merupakan Universitas swasta pertama di Indramayu, terletak di Kota Indramayu, Jawa Barat. Seiring dengan perjalanannya, Universitas Wiralodra terus berbenah untuk meningkatkan kapasitasnya, melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dosen, Manajemen, kegiatan mahasiswa, penelitian dan publikasi, serta perbaikan sarana dan prasarana kampus. Kelulusan merupakan suatu hal yang dapat diharapkan oleh setiap mahasiswa, yang nantinya akan menjadi bekal seseorang mahasiswa  dalam menempuh jenjang selanjutnya. Permasalahannya apakah mahasiswa Universitas Wiralodra bisa lulus dengan maksimal atau tidak. Dalam penelitian lebih memfokuskan bagaimana implementasi  teori logika fuzzy dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa Universitas Wiralodra. Teori logika fuzzy ini digunakan karena mudah untuk dimengerti. Pada Penelitian ini menggunakan teori fuzzy tsukamoto dengan 2 variabel input yang terdiri dari jumlah penerimaan wisuda dan jumlah mahasiswa yang akan menhasilkan status jumlah mahasiswa yang lulus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memprediksi jumlah mahasiswa yang lulus dalam setiap tahunnya di Universitas Wiralodra Indramayu. Pada penelitian selanjutnya agar keputusan dalam menganalisis kondisi tingkat kelulusan mahasiswa agar digabungkan metode fuzzy tsukamoto dan markov chain agar masalah yang terjadi dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa dapat lebih akurat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teknokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer (TEKNOKOM) with frequency 2 (two) times a year, ie in March and September. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving ...