Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2022): Mei 2022

Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung)

Danit Anggi Muninggar Danit (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Menurunnya kunjungan website secara signifikan pada e-commerce Shopee dapat menjadi indikator semakin melemahnya minat beli konsumen Shopee. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi suatu perusahaan e-commerce. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan adanya e-WoM saat ini akan berpengaruh dalam meningkatkan minat beli warga Kota Bandar Lampung pada aplikasi Shopee. Semakin tinggi dan positif upaya dilakukannya review atau e-WoM untuk menarik perhatian di aplikasi Shopee maka semakin tinggi juga minat beli konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandar Lampung dan populasi yang digunakan adalah pengguna aplikasi Shopee. Teknik pengumpulan data yaitu melalui kuisioner dengan sampel sebanyak 68 orang. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0 diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara E-WoM terhadap minat beli produk pada aplikasi Shopee di Kota Bandar Lampung. Dengan begitu, Shopee dapat meningkatkan strategi pemasaran melalui E-WoM agar kunjungan pada aplikasi Shopee meningkat dan diikuti minat beli konsumen yang meningkat pula.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

meka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bidang kajian Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi, yaitu: 1. Accounting and Auditing 2. Bank and Financial Management 3. Business Informatics 4. Business Logistics 5. Economics 6. Entrepreneurship and small business management 7. International Business 8. Management Tourism 9. ...