Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 7 No 2 (2022): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS KREATIF

PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Karawang)

Chintya Dessy Syafitri (Unknown)
Annisa Fitri Rohana (Unknown)
Ajat Sudrajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Peneliti menetapkan satu variabel bebas yaitu Online Consumer Review (X) dan variabel terikat Keputusan Pembelian (Y), bermaksud untuk mendapati adanya pengaruh Online Consumer Review terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia. Menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan teknik pengambilan simple random sampling karena seluruh populasi terkait penelitian ini memiliki peluang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan 100 responden. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan metode Product Moment Pearson dan ketentuan Alpha Cronbach > 0,60 untuk uji reliabilitas. Pengujian analisis verifikatif dan uji hipotesis juga dilakukan dalam penelitian ini, seluruh data diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Consumer Reviews memiliki skor 5.263 atau 87.7%, sedangkan untuk Keputusan Pembelian memiliki skor 7.708 atau 85.6%. Diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,628 yang berarti adanya korelasi yang kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh positif serta signifikan dari variabel Online Consumer Reviews terhadap variabel Keputusan Pembelian. Kata Kunci : Online Consumer Reviews; Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...