Proceeding Biology Education Conference
Vol 10, No 1 (2013): Seminar Nasional X Pendidikan Biologi

MODEL SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Ida Bagus Ari Arjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) mengetahui karakteristik dari Model Pembelajaran  Self Directed Learning  (SDL) dalam pembelajaran Biologi, 2) mengetahui pengaruh integrasi lingkungan dalam Model SDL sebagai sumber dan media pembelajaran biologi. Pendidikan merupakan aspek penggerak suatu negara untuk berkembang dalam era globalisasi. Era globalisasi tersebut mengharuskan setiap individu khususnya pebelajar untuk “melek sains” (literasi sains) sehingga dapat bersaing secara kompetitif dengan bangsa-bangsa lain. Umumnya guru-guru baik di jenjang sekolah dasar maupun menengah sudah teradaptasi dengan metode dan model pembelajaran klasikal yang tidak mendukung literasi sains siswa. Dengan demikian, salah satu upaya perbaikan mutu pendidikan di Indonesia adalah dengan implementasi model-model pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran sains yang mendukung  authentic assessment, sehingga dapat mengakses berbagai aspek belajar siswa baik dari dimensi proses maupun produk. SDL merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berlandaskan paham konstruktivistik yang berpusat pada aktivitas siswa (student centered) dalam proses pembelajaran. Aktivitas SDL yang terpusat pada kegiatan mandiri berorientasi pada  planning,  monitoring, dan  evaluating,  sangat cocok untuk diintegrasikan dengan pembelajaran sains khususnya biologi di sekolah. Lingkungan merupakan integral dari proses pembelajaran biologi di sekolah. Implementasi model SDL yang terintegrasi dengan lingkungan sebagai media dan sumber belajar akan memberikan pengalaman yang bermakna (meaningfull learning) dan mengembangkan karakter (character building), kemandirian, motivasi,  self confident, kreativitas, daya analisis, kinerja ilmiah, serta kemampuan berpikir kritis siswa yang nantinya secara sinergis akan meningkatkan hasil belajar siswa.   Kata kunci: Self Directed Learning, Lingkungan, Pembelajaran Biologi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

prosbi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Proceeding Biology Education Conference was published since 2003, with title Prosiding Seminar Nasional Biologi. The early number of the journal were published ...