Kepuasan pasien pada suatu instansi merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur respon pasien setelah menerima jasa. Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat juga menjadi bagian pelaksana program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang harus dijamin oleh Badan penyelenggara Jaminan sosial (BPJS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan Puskesmas terhadap kepuasan pasien BPJS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 116 pasien BPJS di Puskesmas Taman Sidoarjo. Penelitian dilakukan pada bulan Juli tahun 2021 dengan pengambilan sampel secara systematic random sampling. Data primer diperoleh melalui lembar kuesioner pada pasien. Analisis data menggunakan uji regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien p = 0,026. Indikator dari variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan adalah indikator tanggap dengan p-value 0,001 < α = 0.05 dan indikator kelengkapan dengan p-value 0,012 < α = 0.05. Kesimpulan, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas maka akan membuat pasien merasakan kepuasan didalam memanfaatkan pelayanan. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti adalah Puskesmas dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambahkan fasilitas penunjang seperti, jumlah kursi tunggu pasien, dan kipas angin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022