Perpustakaan didirikan dalam usaha memenuhi kebutuhan informasi para penggunanya. Perpustakaan sendiri terdiri dari beberapa bidang pekerjaan seperti bidang layanan teknis, bidang layanan pengguna, bagian otomasi, bagian promosi, dsb. dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Semua bidang harus menjalankan fungsi dan tugasnya demi kemudahan dan kepuasan bidang tersebut guna memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Kepuasan pengguna tidak hanya menjadi tanggung jawab dari bidang layanan pengguna tetapi menjadi tanggung jawab semua bidang/bagian yang ada di perpustakaan, karena baik secara langsung maupun tidak langsung semua bidang/bagian berhubungan dengan pengguna. Perpustakaan harus bisa melihat faktor-faktor dan kebutuhan dasar pengguna untuk dapat memuaskan pengguna dalam layanan perpustakaan. Hal yang harus diperhatikan yaitu adalah sikap melayani yang baik, yang termasuk sifat tersebut adalah profesional, memiliki kewenangan yang jelas, memiliki rasa “sense of urgency”/menganggap semua adalah penting, fleksibel, Mendengarkan secara terampil, Memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pengguna.
Copyrights © 2010