Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sangat terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini mendorong inovasi teknologi dalam membuat sebuah platform digital sebagai langkah meningkatkan data tarik pariwisata di Indonesia, salah satunya melalui Virtual Tour untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengkaji sistematis dari virtual tour sektor pariwisata. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian berdasarkan deskriptif literatur review dengan menganalisis menggunakan aplikasi Publish or Perish dan VOS Viewer yang merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan penelitian bibliographi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa antara variabel virtual tour dan sektor pariwisata dari tahun 2010 hingga 2022 berdasarkan pencairian Scholar berjumlah 420 paper, hal ini memang sudah banya jumlah paper dari masing-masing variabel tersebut, hanya saja keterkaitan pariwisata, virtual tour, pandemi dan covid masih sedikit, dan keteraitan antara variabel tersebut sangat reliabel untuk dilakukan penelitian. Berdasarkan hasil analisa menunjukan bahwa di era new normal ini virtual tour sebagai salah satu media promosi untuk meningkatkan daya tarik tempat pariwisata virtual tour lebih baik disajikan dalam bentuk gambar, vidoe, bahkan lebih menarik lagi disajikan tiga dimensi.virtual tour menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.
Copyrights © 2022