EQIEN - JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
Vol 10 No 1 (2022): EQIEN - JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MARKETPLACE MENGGUNAKAN METODE REGRESI LOGIT BINNER

Rina Indrayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi. Marketplace. Proses bisnis yang dilakukan melaui media teknologi informasi dan internet tersebut dikenal dengan sebutan e-commerce. E-commerce dapat dilakukan melalui marketplace yaitu lokasi online dimana pembeli dan penjual melakukan transaksi komersil seperti menjual barang, jasa atau informasi. Penelitian ini bertujuan menentukan kriteria dalam memilih marketplace. Penelitian ini menggunakan variabel Antarmuka (At), Teknis (Ts), Konten (Kn) dan Privasi (Ps), Promosi (Pr) dan dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah responden sebanyak 324 orang. Pengolahan data menggunakan metode logit binner. Berdasarkan hasil pengujian AntarMuka (At) mempunyai pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Variabel Teknis (Ts) menunjukan bahwa mempunyai pengaruh terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Variabel Konten (Kn) mempunyai pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Hasil Uji Hipotesis Pengaruh Privasi Terhadap pemilihan keputusan market place menunjukan pengaruh negatif terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace. Oleh karena itu, hipotesis keempat yang menyatakan bahwa “Privasi berpengaruh negatif terhadap pemilihan keputusan markaetplace” ditolak. Berdasarkan hasil pengujian Promosi (Pr) dapat diketahui mempunyai pengaruh terhadap terjadinya pemilihan keputusan markaetplace.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OJS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal E-Qien adalah wadah informasi ilmiah bidang ilmu ekonomi dan bisnis, berupa hasil studi kepustakaan maupun studi empiris. Volume 6 Nomor 1 Bulan Februari Tahun 2019. Frekuensi terbitan 2 kali dalam ...