Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan perjanjian kontrak berlangganan Indihome antara PT. Telkom dan pelanggan, bentuk-bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh pelanggan terhadap PT. Telkom terkait kontrak berlangganan Indihome dan upaya panyelesaian wanprestasi antara pelanggan dengan PT. Telkom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wanwancara terhadap responden dan informan. Untuk menunjang data primer maka dibutuhkan data sekunder dengan cara menelaah peraturan terkait serta literature hukum lainnya.Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan kontrak berlangganan Indihome antara PT. Telkom dengan pelanggan ditemukan berbagai permasalahan, khususnya terkait dengan kontrak yang bersifat baku dan prosedur yang merugikan kepentingan pelanggan. Bentuk wanprestasi yang dilakukan oleh pelanggan yaitu pelanggan tidak memberikan keterangan untuk memutuskan kontrak berlangganan Indihome secara sepihak, pelanggan tidak melakukan pembayaran kontrak berlangganan Indihome dari waktu yang telah ditetapkan, pelanggan merusak atau menghilangkan perangkat modem yang disediakan oleh PT. Telkom, pelanggan tidak melakukan pembayaran denda selama tenggang waktu yang ditentukan dalam kontrak berlangganan Indihome. Upaya yang dilakukan dalam penyelesaian wanprestasi antara PT. Telkom dengan pelanggan adalah melalui jalur Non-litigasi.Kata kunci : Banda Aceh, Kontrak Berlangganan, PT.Telkom, Wanprestasi.
Copyrights © 2022