Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan metode yang diterapkan adalah ex post facto dan jenis penelitiannya berupa quasi experiment. Tujuan dari penelitiannya yaitu untuk mengetahui pengaruh dari peer teaching berbantuan aplikasi SPSS terhadap kemampuan penguasaan konsep pada materi statistika. Dalam pembelajaran matematika, guru diharuskan untuk berpedoman terhadap bagaimana cara mengajar itu sendiri supaya siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Akan tetapi pada kenyataannya kebanyakan guru masih menggunakan pembelajaran klasikal. Statistika adalah materi matematika yang menjadikan siswa kesulitan untuk memahaminya. Hal itu terungkap berdasarkan hasil observasi dengan salah satu guru matematika di SMAN 1 Bireuen yang menunjukkan bahwa 60% siswa menghadapi kesulitan untuk menyelesaikan masalah pada materi statistika. Peer teaching berbantuan aplikasi SPSS memiliki pengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Peer teaching yaitu suatu model atau metode pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pemeran utama, dimana siswa akan melakukan proses belajar dari siswa lain sehingga siswa lebih mudah memahami apabila mengalami kesulitan. Pembelajaran dengan menggunakan peer teaching guru bertindak sebagai pembimbing dan pengatur proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.00 0.05 maka ditolak, artinya terdapat pengaruh antara peer teaching berbantuan aplikasi SPSS terhadap kemampuan penguasaan konsep pada materi statistika Kata Kunci: Peer Teaching, SPSS, Statistika.
Copyrights © 2020