Jurnal Bisnis Darmajaya
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Bisnis Darmajaya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY SOSIS FARMHOUSE DI DAERAH JABODETABEK

Entus Rahayu (Sekolah Bisnis IPB, IPB University Jl. Raya Padjajaran, Bogor 16151)
Lilik Noor Yulianti (Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB University Jl. Kamper, Wing 4 Level 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680)
Kirbrandoko Kirbrandoko (Sekolah Bisnis IPB, IPB University Jl. Raya Padjajaran, Bogor 16151)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Penelitian merupakan studi kasus mengenai kepuasan dan loyalitas pelanggan produk sosis Farmhouse. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Quality terhadap Customer Satisfaction dan Brand Image, pengaruh Perceived Quality terhadap Customer Loyalty, pengaruh Brand Image terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty, serta pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty, dan merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan PT. San Miguel Pure Foods Indonesia untuk meningkatkan Customer Loyalty. Penelitian menggunakan metode survey purposive sampling kepada 200 orang responden yang tinggal di daerah Jabodetabek. Hasil analisis SEM menunjukkan Perceived Quality (PQ) berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Image dan Customer Satisfaction, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Brand Image (BI) berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Satisfaction namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Customer Satisfaction berpengaruh secara signifikan erhadap Customer Loyalty. Perusahaan harus mampu menjaga kualitas produk tetap baik dan melakukan pengembangan produk sesuai dengan tren dan permintaan pasar saat ini sehingga pelanggan akan loyal.Kata Kunci — Brand Image, Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Perceived Quality

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalBisnis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Bisnis Darmajaya adalah jurnal yang bertujuan untuk menjadi platform peer-review dan sumber informasi dalam bidang ekonomi. Kami mempublikasikan makalah hasil penelitian, studi kasus, dan meta analisis yang berfokus pada ilmu manajemen, akuntansi, maupun kewirausahaan serta topik yang ...