Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman
Vol. 2 No. 1 (2018): Islam dan Mutu Pendidikan

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Konstekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Heri Kiswanto (STIT Yapima Muara Bungo Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Tantangan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan Islam adalah bagaimana mengimplementasikan pendidikan agama Islam bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama aka9n tetapi bagaimana mengarahkan peserta didik agar memiliki kualitas iman, taqwa dan akhlak mulia, agar bisa mengarahkan diri ke jalan yang lurus dan membentengi diri dari hal-hal yang di larang oleh Syariat. Mendeskripsikan Keterbacaan buku ajar Pendidikan Agama Islam yang digunakan kelas VIII di SMP 2 Sukorejo dan Mendeskripsikan respon pengguna buku ajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan konstekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian dalam artikel ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). hasil respon siswa dijadikan sebagai landasan untuk merevisi buku ajar sebelum diuji coba di lapangan. Setelah melakukan revisi berdasarkan masukan dari respon siswa. Keterbacaan buku ajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan konstekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Ibrahimy 2 Sukorejo menunjukan tingkat keterbacaan buku ajar pendekatan kostektual untuk meningkatkan hasil belajar adalah 65%,

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukais

Publisher

Subject

Religion

Description

Journal Edukais; Journal Pemikiran Keislaman yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Bondowoso telah hadir di hadapan pemerhati. Semula journal ini adalah berbentuk lembaran buletin yang terbit setiap jum’at legi. Mengingat tuntutan akan profesionalisme tenaga pendidikan di ...