Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 5 No. 1 (2022): April

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TIPE LEARNING DISABILITIES PADA TOPIK GEOMETRI

Nurul Aini (a:1:{s:5:"en_US"
s:18:"STKIP PGRI Jombang"
})

Eny Suryowati (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memilki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Salah satu tipe ABK adalah Learning disabilities. Seorang anak Learning disabilities memiliki kesulitan dalam cmembaca, menulis dan matematika. Oleh sebab itu, Peneliti ingin menganalisis pemahaman konsep matematika ABK tipe learning disabilities pada topik geometri. Dimana geometri merupakan bagian matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian diambil dari SMP Swadaya Kesamben Jombang, siswa ABK yang ada di sekolah tersebut berjumlah satu orang. Instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung dalam penelitian ini ada 2 yaitu lembar tes pemahaman konsep matematika dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, pemahaman konsep matematika siswa ABK learning disabilities tidak memenuhi semua indikator. Indikator yang muncul hanya empat indikator yaitu Interpreting, Exemplifying, Classifying, dan Summarizing. Hal ini dikarenakan lebih mudah dikaitkan dengan objek visual. Dibandingkan dengan indikator inferring, comparing dan explaining yang membutuhkan pemikiran lebih komplek dan membutuhkan keterampilan membaca dan menulis. Hal ini membuktikan bahwa siswa ABK learning disabilities membutuhkan objek visual atau alat peraga dalam membantu memahami suatu materi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...