Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan
Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT)

PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19

Indrasmitha, Gustyana (Unknown)
Yuswono, Irawan (Unknown)
Rahmadhani, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini terkait dengan situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, membuat UMKM melakukan perubahan cara penjualan. UMKM melakukan upaya dengan metode pemasaran untuk memecahkan masalah. Cara pemasaran harus sesuai dengan kondisi masyarakat yang terkena dampak. Penelitian ini mengkaji penggunaan metode pemasaran offline dan pemasaran online apakah dapat meningkatkan penjualan. Objek penelitian ini adalah responden yang berasal dari konsumen UMKM di toko buah Pak Desaya. Dimana UKM yang bergerak di bidang pemasaran sayur dan buah mengalami penurunan omzet penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran offline dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan omset penjualan. Pemasaran offline menciptakan nilai bagi pelanggannya dan membangun hubungan pelanggan yang baik dan mengambil nilai lebih dari tanggapan pelanggan sebagai imbalannya. Demikian juga pemasaran online berdampak positif terhadap peningkatan omset, karena mampu membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Kegiatan penjualan online dapat memfasilitasi pertukaran ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan konsumen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIMAT : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan dalam publikasi berada pada bidang : - Manajemen - Manajemen Keuangan - Perilaku Organisasi dan Menajemen Sumber Daya Manusia - Manajemen Pemasaran - Manajemen Teknologi dan Inovasi - Manajemen Hubungan Industri - Strategi Manajemen - Sistem ...