Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021

Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Wirausaha Saffanah Cake Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Kabupaten Maros

Ayu Fitriani (Universitas Islam Makassar)
Anil Hukmah (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran  seperti apa yang digunakan dalam meningkatkan Volume penjualan serta Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan volume penjualan pada toko Saffanah Cake. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berusaha menyajikan fakta dan temuan secara mendalam melalui penjelasan deskriptif. Sumber data didapatkan melalui wawancara dan observasi terhadap sembilang orang informan utama kemudian dianalisis dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Saffanah Cake melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan  Strategi  4p yaitu 1.) Product Menggunakan bahan– bahan yang berkualitas dalam pembuatan produk , 2.) Price Harga  pemasaran yang diberikan sesuai dengan kualitas  produk, 3.) Place Lokasi yang strategis menjadi daya tarik dari Saffanah Cake,  4.) Promotion Menggunakan Media Sosial sebagai tempat promosi, dalam meningkatkan volume penjualan. Dan terdapat beberapa faktor yang mendukung yaitu lokasi yang strategis, pemberian memiliki konsistensi rasa, selalu berinovasi, sales channel yang bervariasi sedangkan faktor penghambat salah satunya adanya pembatasan wilayah di beberapa tempat yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...