Pembelajaran online mengunakan beberapa aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Peran teknologi dalam pembelajaran online sangat di butuhkan sehingga kita harus memiliki pengetahuan serta keterampilan yang baik dalam penggunaan dan pengelolaan teknologi baik sebagai mahasiswa maupun dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pola komunikasi antara mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran online di Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Makassar. 2) Faktor-Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembelajaran online antara mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa:1) Pola komunikasi yang dominan terjadi dalam kuliah online yang dilakukan mahasiswa ilmu komunikasi yaitu pola komunikasi sekunder dimana proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang pada media pertama. Komunikator yang menggunakan media kedua ini karena yang menjadi sasaran komunikasi yang jauh tempatnya atau banyak jumlahnya. Dalam proses komunikasi secara sekunder ini semakin lama akan semakin efektif dan efisien karena didukung oleh teknologi informasi yang semakin canggih. Dalam kuliah online, komunikasi yang terjadi didukung oleh perkembangan teknologi informasi yaitu internet 2). Faktor pendukung pembelajaran online antara mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar yaitu adanya teknologi dan media yang digunakan sedangkan faktor penghambatnya jaringan internet menjadi salah satu hambatan yang di hadapi mahasiswa dalam pembelajaran online.
Copyrights © 2022