Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 4, No 2 (2022): April 2022

Pengaruh Iklan Ruangguru terhadap Minat Siswa SMAN Negeri 10 Makassar untuk Menggunakan Aplikasi Ruangguru

Risnawati Risnawati (Universitas Islam Makassar)
Zohrah Basalamah (Universitas Islam Makassar)
Raidah Intizar Yusuf (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Ruang Guru terhadap Minat Siswa SMA Negeri 10 Makassar untuk Menggunakan Aplikasi Ruang Guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan responden yang diambil dari siswa(i) SMA Negeri 10 Makassar kelas  XI dan XII dengan responden yang didapatkan dalam penelitian sebanyak 147 melebihi dari jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti sebanyak 100 responden dari 685 populasi. Data didapatkan melalui kuisioner yang di bagikan peneliti dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS ver 24. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa iklan ruang guru mempengaruhi minat siswa SMA Negeri 10 Makassar sebesar 0,542 atau 54,2% yang dilihat dari nilai Adjusted R Square sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikan yang dihasilkan (Sig.) 0,000 sedangkan nilai probabilitas atau angka kemungkinan 10% atau 0,01, jadi nilai signifikan (Sig.) 0,000 < 0,01 berarti H0  ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan antara variabel independen (X) iklan ruang guru dengan variabel dependen (Y) minat siswa dinilai signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...