Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 17, No 1 (2012): Jurnal Pengajaran MIPA

IMPLEMENTASI PERMAINAN MONOPOLI FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN MENGETAHUI PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Purwanto, Mr ( Jurusan Pen.Fisika)
Sari, Ika Mustika ( Jurusan Pen.Fisika)
Husna, Hanna Nurul ( Jurusan Pen.Fisika)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan profil kemampuan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikannya permainan Monopoli Fisika dalam pembelajaran kooperatif tipe Team-Games Tournament. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian adalah siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Sumedang. Sampel pada penelitian adalah salah satu kelas VIII SMP di Kab. Sumedang. Data penelitian diperoleh melalui tes prestasi belajar pada pokok bahasan Usaha dan Energi serta tes kemampuan berpikir kritis deduksi dengan menggunakan Cornell Critical Thinking Test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa di sekolah tersebut mengalami peningkatan dalam prestasi belajarnya setelah diimplementasikannya permainan Monopoli Fisika dalam pembelajaran. Siswa mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 0,24 dengan kategori ‘Rendah’. Aspek kognitif yang meningkat paling tinggi di tiap pertemuan adalah aspek pemahaman C2. Untuk profil kemampuan berpikir kritis deduksi, diperoleh hasil bahwa untuk kategori ‘Rendah’, sebelum penggunaan permainan Monopoli Fisika 9,1% siswa berada dalam kategori ini; dan sesudah penggunaan permainan Monopoli Fisika 24,2% siswa berada dalam kategori ini. Untuk kategori ‘Sedang’, sebelum penggunaan permainan Monopoli Fisika 69,7% siswa berada dalam kategori ini; dan sesudah penggunaan permainan Monopoli Fisika 63,6% siswa berada dalam kategori ini. Untuk kategori ‘Tinggi’, sebelum penggunaan permainan Monopoli Fisika 21,2% siswa berada dalam kategori ini; dan sesudah penggunaan permainan Monopoli Fisika 12.1% siswa dalam kategori ini. Secara umum, siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan permainan Monopoli Fisika sebagai media pembelajaran.Kata Kunci: permainan monopoli fisika dalam pembelajaran  kooperatif tipe tgt, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis 

Copyrights © 2012