Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi kosakata bahasa Arab melalui audio-visual kepada guru dan untuk diterapkan kepada anak. Memahami Kosakata bahasa Arab merupakan pintu gerbang pertama untuk memahami bahasa Arab. Bagi lembaga pendidikan Anak Usia Dini yang berbasis agama Islam pengetahuan tentang kosakata bahasa Arab merupakan salah astu ciri khas yang diajarkan di lembaga tersebut, tapi metode pembelajaran untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa, butuh teknik dan cara yang khusus agar diterima oleh mereka. Metodologi yang digunakan yaitu metode presentasi dan pelatihan. Tahap pertama menggunakan pretest dengan memberikan soal kepada guru pengajian Desa Parung Banteng Purwakarta sebelum menggunakan media audio visual dan hasilnya adalah tercapai 85 persen dan tidak tercapainya 15 persen. Pada tahap kedua diberikan terlebih dahulu sosialisasi inovasi penggunaan media pembelajaran menggunakan media audio visual, dan hasil dari sosialisasi tersebut adalah capaian hafalan mengenal kosakata bahasa Arab pada guru 95 persen tercapai dan 5 persen tidak tercapai. Dari hasil post test yang diberikan kepada guru pengajian sebagai peserta kegiatan sosialisasi tersebut terjadi peningkatan hasil pembelajaran melalui inovasi penggunaan audio visual.
Copyrights © 2022