Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 16, No 2 (2011): Jurnal Pengajaran MIPA

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Fatmawati, Mr Baiq ( STKIP Hamzanwadi-Selong)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian difokuskan pada kegiatan merancang proyek pada topik fermentasi. Penelitian dilakukan di sebuah perguruan tinggi di Lombok terhadap mahasiswa pendidikan biologi semester V (n=34 orang). Data dikumpulkan menggunakan tes berpikir kreatif dengan cara mengisi komponen-komponen rancangan yang meliputi permasalahan, solusi-solusi alternatif, tujuan dan cara kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif mahasiswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan dengan Ngain sebesar 0,52. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebagian besar (50%) dikategorikan ke dalam kategori sedang, sebagian kecil kategori rendah (23,5%) dan tinggi (26,5%).Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, berpikir kreatif, mikrobiologi

Copyrights © 2011