Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 17, No 2 (2012): Jurnal Pengajaran MIPA

PENGARUH PENUGASAN FENETIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BIJI

Hidayat, Topik ( Jurusan Pend.Biologi)
Sutarno, Nono ( Jurusan Pend.Biolgi)
Awaliyah, Rini Nuroni ( Jurusan Pend.Biologi)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa MA kelas X setelah digunakannya penugasan fenetik melalui lembar kerja siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Data peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh melalui selisih atau gain skor posstest dan pretest, yang kemudian dihitung gain ternormalisasinya. Respon siswa dan guru tentang penggunaan penugasan fenetik melalui LKS dijaring melalui angket siswa dan wawancara guru. Sampel penelitian adalah kelas X-A di Madrasah Aliyah Darul Arqam Garut tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penugasan fenetik melalui LKS terhadap penguasaan konsep pada keanekaragaman hayati yang diketahui dengan adanya peningkatan penguasaan konsep dengan nilai gain ternormalisasi 0,306 yang berkategori sedang.Kata kunci: metode penugasan, fenetik, lembar kerja siswa, penguasaan konsep, tumbuhan biji

Copyrights © 2012