Penelitian mengenai pemberdayaan courseware simulasi PhET dalam mengembangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa SMA telah dilakukan menggunakan kelas XI dari salalah satu SMA di kota Bogor sebagai pengguna. Penelitian memintatujuan untuk mengkaji keterampilan KPS apa pun yang dapat dikembangkan menggunakan courseware PhET dan bagaimana implementasinya di dalam kelas. Penelitian didahului dengan menganalisis isi materi kimia di dalam Phet untuk mengkaji kesesuaiannya dengan kurikulum SMA dan bagaimana model interaksi dalam tingkat-tingkat simulasi yang tersedia untuk memperkirakan jenis KPS yang dapat dikembangkan. Dengan pandusebuah LKS yang dirancang khusus,siswa mengerjakan simulasi tentang kelarutan dan hasil kali kelarutan dan merespon setiap pertanyaan yang diberikan dalam LKS dan jawabannya dikumpulkan segera sebelum atau setelah suatu simulasi dilakukan tergantung jenis KPS mana yang diobservasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa simulasi PhET dapat diberdayakan untuk metanaman keterampilan mengamati, menafsirkan,meramalkan, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan data skor siswa, simulasi ini dapat membedakan siswa kelompok atas, tengah dan bawah secara signifikan (F = 7,38, p = 0,05, n = 30) dengan skor rata-rata ketiga kelompok siswa berada pada kategori cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa PhET dengan arahan guru atau fasilitator berpotensi untuk digunakan dalam pengembangan keterampilan KPS siswa SMA.Kata kunci: PhET ss, keterampilan proses sains, lab virtual
Copyrights © 2012