Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 14, No 2 (2009): Jurnal Pengajaran MIPA

PENGEMBANGAN PERKULIAHAN BERBASIS TIK GeneTIK UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI

Riandi, Mr ( Jurusan Pend.Biologi)
Rustaman, Nuryani ( Jurusan Pend.Biologi)
Santoso, Oerip S ( Jurusan Pend.Biologi)
Liliasari, Ms ( Jurusan Pend.Biologi)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2015

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengembangan sistem perkuliahan berbasis TIK untuk meningkatkan kebermaknaan belajar mahasaiswa biologi. Penelitian dilakukan secara eksperimental terhadap 80 orang mahasiswa calon guru biologi peserta kuliah genetika yang dicuplik secara acak dari total mahasiswa 156 orang. Untuk keperluan tersebut sampel penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah mahasiswa untuk masing-masing kelompok 40 orang. Kelompok eksperimen mengikuti perkuliahan genetika melalui sistem perkuliahan berbais TIK (GeneTIK) sedangkan kelompok kontrol mengikuti perkuliahan tatap muka reguler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan melalui GeneTIK belajarnya lebih baik dibandingkan dengan yang mengikuti perkuliahan secara regular. GeneTIK juga dapat meningkatkan kebermaknaan belajar mahasiswa berdasarkan perhitungan rata-rata N-gain 0,3218 (±0,21) untuk kelompok eksperimen dan 0,2385 (±0,16) untuk kelompok kontrol.Kata kunci: Genetika, GeneTIK, Kebermaknaan belajar

Copyrights © 2009