International Journal of Elementary Education
Vol 1 No 4 (2017): November

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TAT TWAM ASI TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS

Adnyana, I Made Wira (Unknown)
Putra, I Ketut Adnyana (Unknown)
Suadnyana, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran role playing berbasis tat twam asi  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa  kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diperoleh Kelas V SD Negeri 14 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V SD Negeri 6 Kesiman sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh thitung Sebesar 4,634. Taraf signifikansi 5% dan dk=67 diperoleh batas penolakan hipotesis nol sebesar 2,00. Berarti thitung > ttabel yaitu 4,634 > 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata skor penguasaan kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen X̅ = 0,60 > X̅ = 0,41 siswa kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbasis tat twam asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Tahun Ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...