International Journal of Elementary Education
Vol 4 No 1 (2020): February

Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Aktualisasi Diri terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Damayanti, Ni Kadek Putri (Unknown)
Sujana, I Wayan (Unknown)
Kristiantari, MG Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan  antara (1) pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS (2) aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS (3) pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 458 yang merupakan seluruh siswa kelas V SD  Gugus Ir. Soekarno. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner untuk mengukur pola asuh orang tua dan aktualisasi diri, dan metode pencatatan dokumen berupa nilai ulangan akhir semester 1 (UAS) untuk mencatat kompetensi pengetahuan IPS. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana analisis regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap  kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83,4 % (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri terhadap  kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83% (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 86,3%. Jadi, pola asuh orang tua dan aktualisasi diri berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...