International Journal of Elementary Education
Vol 4 No 1 (2020): February

Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Baca

Daytona Putra, I Pasek Putu Bagus (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)
Manuaba, Ida Bagus Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap minat baca dan. (2) pengaruh signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa (3) pengaruh signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 246 siswa dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga banyaknya sampel yaitu 146 siswa. Teknik pengumpulan data minat baca, motivasi belajar dan dukungan orang tua menggunakan metode non tes yaitu koesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis, (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung = 52,897 > Ftabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 26,9%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dinyatakan oleh Fhitung = 64,358 > F tabel = 3,91 dengan determinasi sebesar 3,4%. (3) secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar, dan dukungan orang tua terhadap minat baca yang dibuktikan berdasarkan Fhitung  = 47,625 >  Ftabel = 3,06 dengan determinasi sebesar 40,0%.  Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian hasil penelitian yang relevan bagi peneliti lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...