FRIMA: Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi
No 2 (2019): Prosiding FRIMA

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan melalui Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan

Ratna Ekawati (Unknown)
Nida Tasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2019

Abstract

Tujuan_penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui persepsi pelanggan Molto Eau de Parfum atas kualitas produk, promosi penjualan dan loyalitas pelanggan, dan (2) mengetahui kontribusi kualitas produk dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan Molto Eau de Parfum baik secara simultan maupun parsial. Desain/Metode_Jenis penelitian yang digunakan adalah dskriptif verifikatif, dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel insidental dan purposive. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus iterasi sehingga jumlah responden yang diteliti adalah 116 orang. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Temuan_Menurut persepsi pelanggan, Kualitas produk Molto Eau de Parfum berada dalam kategori cukup baik, promosi penjualan berada dalam kategori baik, sedangkan loyalitas pelanggan berada dalam kategori cukup tinggi. Secara simultan kualitas produk dan promosi penjualan mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial, hanya promosi penjualan yang memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Molto Eau de Parfum. Implikasi_Implikasi penelitian secara empiris menunjukan bahwa jika perusahaan ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, sebaiknya lebih focus pada peningkatan program promosi penjualan seperti program kupon dan lain-lain. Implikasi penelitian teoritis, berharap dalam penelitian selanjutnya agar sampel penelitian lebih banyak dan waktu penelitiannya lebih lama. Tujuannya agar hasil dari penelitiannya lebih maksimal dan lebih baik lagi.. Originalitas_Instrumen penelitian yang khusus disusun untuk memotret kondisi kualitas produk, promosi penjualan dan loyalitas pelanggan Molto Eau de Parfum. Tipe Penelitian_Studi Empiris

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosidingfrima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi) adalah kumpulan publikasi dari artikel hasil penelitian dan makalah karya tulis lainnya yang dipresentasikan pada ajang tahunan yang diselenggarakan oleh STIE STEMBI Bandung yang dikemas dalam bentuk Seminar dan Konferensi Ilmiah. Tujuan ...