Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
Vol 8, No 1 (2022): Volume VIII No. 1 April 2022

PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE

Dian Khoirun Nisak (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang)
Diah Dinaloni (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang)
Masruchan Masruchan (Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Saat ini internet menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Apalagi di masa pandemi COVID-19 segala sesuatu membutuhkan internet seperti bekerja, sekolah, berbelanja juga melalui internet. Keadaan ini membuat banyak sekali marketplace yang maju dan berkembang, karena marketplace menjadi tujuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah hanya dengan mengandalkan internet. Dari data statistik menunjukkan shopee adalah marketplace yang banyak diminati dan dikunjungi oleh masyarakat karena mengalami kenaikan sebanyak 39juta. Alasan masyarakat memilih shopee karena banyak potongan harga, pengiriman cepat, barang sesuai, harga lebih terjangaku dan banyak gratis ongkir. Hal itu peneliti mengambil penelitian dengan judul pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman pembelian terhadap minat beli di shopee. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa non-probability sampling, yaitu accidental sampling. Sedangkan untuk peneliti, saya mengambil sampel sebanyak 115 responden. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli konsumen di Shopee. (2) Ada pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli di Shopee. (3) Ada pengaruh pengalaman membeli terhadap minat beli  konsumen di Shopee. (4) Ada pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman membeli terhadap minat beli konsumen di Shopee. Dengan adanya pengaruh minat beli di shopee yang di pengaruhi oleh faktor-faktor tersebut menjadikan marketplace di Indonesia berkembang pesat terutama shopee sehingga perekonomian di indonesia dimasa pandemi COVID-19 tetap berjalan.Kata Kunci: Orientasi belanja, Kepercayaan online, Pegalaman pembelian, dan Minat beli

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menaraekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman ...