Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 11, No 1 (2022)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan LQ 45 Periode 2017-2019)

Fathi Hani (Universitas Dian Nusantara)
Fitri Ayu Kusuma Wijayanti (STIE Kasih Bangsa)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan dan menganalisis pengaruh faktor internal perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Faktor internal yang menentukan nilai perusahaan yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, dan likuiditas. Populasi dalam penelitian ini menggunakan 45 perusahaan LQ 45 pada periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu berdasarkan kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 34 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda, dengan Analisis Statistik Deskriptif, Pemilihan Model Regresi, Uji Asumsi Klasik dan Uji Normalitas. Kemudian Uji Hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Signifikansi Simultan (Uji F), dan Uji Signifikansi Parameter Individual (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...