Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Dalam krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan memberhentikan aktifitasnya, tetapi sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku UKM sektor fashion yang ada di kota Jakarta. Dari 100 kuesioner yang dibagikan secara online menggunakan Google Form, yang dapat diolah sebanyak 87 kuesioner atau sebanyak 87%. Pengolahan data dalam penulisan penelitian ini menggunakan program Microsoft Office Excel 2013 dan SmartPLS. Data yang diolah adalah variabel SME Promotion Strategy, Ecommerce Adoption, Technology advancement, Performance UKM. Metode penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) yaitu sekumpulan teknik-teknik statistikal yang memungkinkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relatif “rumit” secara simultan.Berdasarkan hasil path coefficient dapat dilihat bahwa semua variabel berpengaruh signifikan dengan nilai T-Statistics yang dihasilkan > 1,988 (T tabel). Hal ini membuktikan bahwa variabel technology advancement dapat memoderasi hubungan antara SME strategy terhadap ecommerce adoption. Selanjutnya hubungan setiap variabel secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai T-Statistics yang dihasilkan > 1,988 (T tabel), dan memiliki nilai P Value di bawah < 0,05.
Copyrights © 2017