Perdagangan kecil dan menengah akan tergeser dari persaingan AFTA dan Free Trade jika tidakmenerapkan rantai pasok yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuibentuk rantai pasok dari UMKM yang ada di Samarinda. Bentuk rantai pasok yang efektif akanmemberikan peningkatan dalam strategi kompetitif UMKM. Strategi rantai pasok yang benar akanmemberikan keunggulan UMKM dalam hal harga, kualitas, produk standar, waktu pengiriman danlayanan konsumen.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatifyaitu dengan tahap pengumpulan dan pencatatan data, reduksi data, penyajian data, pengolahandan penarikan kesimpulan. Hal ini di lakukan untuk menggambarkan keadaan obyek yang di telitiberdasarkan fakta yang ada di lapangan, sehingga di dapat data yang akurat dan sistematis. Datadi peroleh dengan observasi, penyebaran kuisioner dan Forum Group Discussion untukmemantapkan jawaban dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh UMKM yangada di 10 Kecamatan yang ada di Samarinda. Pengambilan sampel dengan metode purposivesampling dimana setiap kecamatan diambil 25 pelaku UMKM. Penelitian ini menghasilkan bahwasaluran distribusi yang pendek (dari produsen langsung ke konsumen akhir lebih banyak digunakanoleh para pelaku UMKM di Samarinda baik yang berproduksi secara reguler ataupun produksi jikaada pesanan. Strategi rantai pasok yang pendek dipilih oleh para pelaku UMKM karenamemberikan masa singkat dalam menunggu bahan baku serta memangkas biaya produksi
Copyrights © 2019