Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 17 No. 2 (2020): DESEMBER 2020

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Hidayat, Taufan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh produk terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang dan (5) pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan Koki Jody di Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif produk terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,174; nilai signifikansi 0,002<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,229; (2) terdapat pengaruh positif harga terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,739; nilai signifikansi 0,007<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,197; (3) terdapat pengaruh positif promosi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,384; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,313; (4) terdapat pengaruh positif lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,366; nilai signifikansi 0,001<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,240; dan (5) terdapat pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 12,147 dan signifikansi 0,000<0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) is published by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta. It contains a theoretical or research manuscript related to: 1. Management 2. Human Resource 3. Finance 4. Marketing 5. ...