JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 2, No 1 (2015): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO DAN KEMAMPUAN SPASIAL VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Jamahi Saragih (Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed)
Efendi Napitupulu (Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unimed)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika yang diajardengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswayang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional,(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggidari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah, (3) ada interaksi pendekatanpembelajaran tematik dengan menggunakan video dan kemampuan Spasial Visual terhadap hasilbelajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengandesain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada tarafsignifikan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar matematika yang diajardengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswayang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggidari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah (3) ada interaksi pendekatanpembelajaran tematik dengan menggunakan media (video, grafis konvensional) dan kemampuanSpasial Visual terhadap hasil belajar matematika.Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Vide dan GrafisKonvensional, Kemampuan Spasial Visual, Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...