JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 3, No 1 (2016): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BADAR DAN SMP NEGERI 5 BADAR KAB. ACEH TENGGARA

Sri Rahmawati (Unknown)
Baharuddin . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media pembelajaran animasi dan media pembelajaran gambar diam, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Sebelum tes hasil belajar digunakan untuk menguji hipotesis terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut; media pembelajaran animasi lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar visual sedangkan media pembelajaran gambar diam akan lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.   Kata Kunci: Media Pembelajaran, Gaya Belajar Dan Hasil Belajar Abstract: This research aims to identify and describe the effect of social sciences students learning outcomes who applied animation instructional media and still image instructional media, to identify and describe the effect of social sciences students learning outcomes who have visual learning styles and auditory learning styles to identify and describe the interaction between instructional media and learning styles toward social sciences students learning outcomes. Before the treatment was given, for the first the sample given a test to differentiate the learning style of students achievement. Before the achievement test used to test the hyphoteses, the test tested to determine the level of validity and reliability of the test. The research hyphoteses tested by using  Anava 2 tails where previous test data requirements that normality test and homogenity test. The conclusion of this research are; animation instructional media better to applied to students who have a visual learning style while instructional media still images would be better applied to students who have auditory learning style and there is interaction between instructional media and learning styles toward student learning outcomes.   Keyword: Instructional Media, Learning Styles, Students Achievement

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...