Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2022): April 2022

Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Program Pengolahan Keripik Bayam serta Branding dan Marketing Pada KWT Flamboyan, Kelurahan Bantarjati, Bogor Utara

Hardiana Widyastuti (Unknown)
I Gede Yogendra (Unknown)
Husnadiva Naurah Kamal (Unknown)
Ridha Rizkiana (Unknown)
Dzaki Amali Muhamdani (Unknown)
Imam Buchori Zarkasie (Unknown)
Nimas Dwi Hapsari (Unknown)
Walfa Aidyna Aulia (Unknown)
Hairunisa Dzulhira (Unknown)
Maulida Fajriani (Unknown)
Gayatri Kusumastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah di Indonesia. Menyikapi hal tersebut maka diperlukan pengambilan langkah dalam mengembangkan ekonomi masyarakat terutama pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan Bogor. Program ini terdiri dari pengolahan keripik bayam serta sosialisasi branding dan marketing yang dilaksanakan secara daring dan luring. Kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan meskipun sebagian besar kegiatan dilakukan secara daring akibat kebijakan PPKM. Kegiatan pengolahan keripik bayam dilakukan dengan dua tahap, yaitu sosialisasi dan praktik langsung pengolahan. Sosialisasi branding dan marketing dilakukan dua tahap, materi edukasi pada tahap pertama dan materi yang berkelanjutanpada tahap kedua. Hasil dari program ini adalah anggota KWT Flamboyan dapat mengetahui langkah-langkah pengolahan keripik bayam serta cara-cara meningkatkan penjualan melalui implementasi branding dan marketing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pim

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat pada Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (JPIM) berhubungan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi deskripsi inovasi, praktik, dan perubahan kondisi masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa karya ilmiah yang berisi penerapan hasil penelitian dan ...