Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan
Vol 1 No 1 (2022): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan

PENGARUH ASPEK KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Dwi Ayu Puspitasari (STIEPARI Semarang)
Retno Mulatsih (Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor "AMNI")



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan pegawai terhadap kepuasan penumpang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun kepuasan penumpang. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reabilitas. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang dimana hasil tersebut mempunyai nilai korelasi determinasi R2 square sebesar 0,633. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan tangible dan responsiveness untuk meningatkan kepuasan penumpang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jempper

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (p-ISSN : 2809-5901 (print), e-ISSN : 2809-6037 (online) adalah merupakan merupakan journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam studi Ilmu Ekonomi Manajemen yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen ...