Latar Belakang: Strategi pemasaran rumah sakit harus terus dikembangkan sebagai upaya menghadapi persaingan layanan. Salah satu alat yang dapat dikembangkan yaitu elemen yang ada di dalam komunikasi pemasaran rumah sakit. Tujuan: kajian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran pada strategi pemasaran rumah sakit. Metode: Kajian ini adalah Literatur Review melalui pengumpulan artikel dari data base Pubmed, Scopus, Proquest, Oxford Academic, dan Google Scholar. Hasil: lima artikel dari 173 artikel hasil skrining berdasarkan kriteria inkulusi dan kriteria eksklusi. Kelima artikel ini menjelaskan pengaruh komunikasi pemasaran dalam mendukung strategi pemasaran rumah sakit melalui implementasi elemen komunikasi pemasaran. Elemen komunikasi pemasaran ini dapat meningkatkan brand, citra brand rumah sakit, mempertahankan loyalitas pelanggan, meningkatkan jumlah kunjungan pasien, dan merubah persepsi masyarakat terhadap layanan kesehatan yang diberikan. Kesimpulan: Komunikasi pemasaran memiliki elemen-elemen sebagai alat yang dapat mendukung strategi pemasaran rumah sakit.
Copyrights © 2022